The Golden Verse

"Bernyanyilah bagi-Nya, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib!"
~ I Tawarikh 16:9 ~
Versi Terjemahan Baru L.A.I (TB)
================================================
"
Sing to Him, sing praise to Him; tell of all

His wonderful acts."
[I Chronicles 16:9 [NIV Bible]]

Siapakah Kita? Siapakah Saya?

Siapakah Kita?
Siapakah Saya?

Tuhan Yesus mengelompokkan dan memisahkan anak-anakNya menjadi 2 Kelompok yang digambarkan dalam Perumpamaan yang semua pada awalnya terlihat sama namun pada akhirnya akan terlihat sangat berbeda yaitu,

1. Perumpamaan Gandum dan ilalang (Matius 13 : 24-30)
13:24 Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya.
13:25 Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi.
13:26 Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu.
13:27 Maka datanglah hamba-hamba tuan ladang itu kepadanya dan berkata: Tuan, bukankah benih baik, yang tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu?
13:28 Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. Lalu berkatalah hamba-hamba itu kepadanya: Jadi maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu?
13:29 Tetapi ia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu.
13:30 Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku."

Quote : "Ilalang akan berakhir di pembakaran dan Gandum akan dikumpulkan dalam lumbung dan menjadi berharga." 

2. Perumpamaan Domba dan Kambing (Matius 25 : 32-45)
25:32 Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing,
25:33 dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.
25:34 Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan.
25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.
 Quote : "domba akan menerima bagiannya dalam Kerajaan Surga sedangkan kambing akan menerima bagiannya dalam Kerajaan Maut."

Kedua perumpamaan menggambarkan 2 keadaan dan pertumbuhan anak-anak Tuhan di akhir zaman. Gandum dan domba adalah gambaran anak-anakNya yang hidup setia, bertahan dan terus bertumbuh dan kemudian berbuah walaupun di saat dalam keadaan kesusahan namun tetap mau memberikan yang terbaik untuk orang lain dan terutama untuk Tuhan dan pada akhirnya akan ada bersama-sama denganNya dalam KerajaanNya yang kekal karena dia bukan hanya menjadi pendengar namun menjadi Pelaku Firman.
Ilalang dan kambing adalah gambaran anak-anakNya yang hidup menurut cara dunia dan walaupun ia ikut menjadi anak Tuhan, kehidupannya tidak ada bedanya dengan orang-orang yang tidak percaya. Hidup jadi orang yang biasa-biasa saja, tidak mau dibentuk oleh Tuhan dan menganggap orang Kristen yang taat itu sebagai suatu hal yang memalukan. Orang-orang seperti ini hanyalah Pendengar Firman Bukan Pelaku Firman. Apa gunanya menjadi Pendengar tapi tidak melakukan Firman Tuhan?
Yakobus 1 : 22-25
1:22 Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.
1:23 Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin.
1:24 Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya.
1:25 Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.
Yohanes 14 : 21: "Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."

Jangan sampai sia-sialah Kekristenan itu dan jangan sampai Tuhan sendiri yang menolak kita seperti ada tertulis,
Matius 7 :21-23 :
"Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"
Renungkan! Siapakah Kita? Siapakah Saya?

Tuhan Yesus Memberkati,
by admin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar