The Golden Verse

"Bernyanyilah bagi-Nya, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib!"
~ I Tawarikh 16:9 ~
Versi Terjemahan Baru L.A.I (TB)
================================================
"
Sing to Him, sing praise to Him; tell of all

His wonderful acts."
[I Chronicles 16:9 [NIV Bible]]

TIPS DALAM BERCANDA

TIPS DALAM BERCANDA


Shalom, haloo semuanya.. Kali ini admin mau ngebahas tips bagaimana kita bercanda agar tidak menjadi kepahitan. Banyak sekali akhir-akhir ini orang-orang karena mulai kehilangan rasa kasihnya, mulai hilang juga rasa menghargai satu sama lain. Banyak juga orang-orang yang bercanda tidak mengenal batasannya atau sudah kelewat batas dan etika dalam bercanda, baik anak-anak, muda maupun yang tua. Awalnya dimulai dari canda-candaan biasa namun lama kelamaan jadi hal yang serius sehingga menyebabkan ketersinggungan, marah, sebal, kesal, amarah, dendam.

Jadi dalam hal ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam bercanda,
yaitu :

1.  MELIHAT SITUASI KEADAAN TEMAN YANG KITA AJAK BERCANDA

Kita harus melihat kondisi mereka, apakah mereka sedang dalam keadaan tertekan, sedih, marah, senang, jikalau mereka dalam kondisi sedih, tertekan, marah lebih baik kita membuat mereka tenang bisa dengan memberikan ayat-ayat alkitab (Baca: 1 Petrus 4:11) tetapi bukan dengan cara menghakimi mereka (Baca: Matius 7:1, Roma 2:3, Roma 14:13). Kalaupun mereka dalam keadaan sedang tejatuh ataupun terpuruk sebaiknya kita menguatkan mereka, menghiburkan hati mereka (Baca: 1 Samuel 23:16, Amsal 27:17, Yakobus 4:12).
 
2.  JANGAN MENGHINA KONDISI RUPA WAJAH & FISIK SESEORANG

Kita harus menyadari bahwa tiap manusia itu diciptakan baik di mata Tuhan jadi jangan sampai dalam bercanda kita menghina kondisi rupa wajah & fisik mereka, kalau kita menghina begitu berarti kita sama saja dengan menghina Tuhan yang menciptakan segala yang ada & juga ikut menghakimi hasil karya Tuhan itu suatu dalam kesalahan. Jangan sombong dengan rupa wajah & fisik yang kita miliki sekarang, karena Tuhan melihat hati (Baca: 1 Samuel 16:7b). Jika kita menghina dia dan hatinya terluka & hancur karena kita dan kemudian ia menyerahkan hatinya yang hancur itu kepada Tuhan, Tuhan akan segera turun tangan untuk menghakimi kita (Baca: Ayub 16:5, Mazmur 10:17, Mazmur 34:19, Mazmur 147:3, Roma 14:3&10, Ibrani 10:30).

3.  JANGAN MENYINGGUNG HAL-HAL SARA(SUKU AGAMA RAS ANTAR-GOLONGAN) & KELUARGA

Nah, ini merupakan hal fatal yang dapat membuat antar bangsa, antar desa bisa bertikai untuk membela SARA. Khusus untuk NKRI(Negara Kesatuan Republik Indonesia), kita menganut emboyan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda tetapi tetap Satu jua. Dan Tuhan juga tidak suka kita menghina keragaman yang telah ada apalagi membawa-bawa nama keluarga, sebelum kita mau mengejek-ejek anggota keluarga ataupun keluarga orang lain sebaiknya kita melihat dahulu ke keluarga kita untuk introspeksi diri. Bila keluarga kita memang sudah baik, apakah ada untungnya kita menjelek-jelekkan mereka atau tidak (Baca: Mazmur 14:6, Amsal 17:5 Yesaya 57:4, Yehezkiel 22:5, 2 Petrus 3:3, Yudas 1:18).

4.  JANGAN TERLALU CEPAT TERSINGGUNG/EMOSI

Misalnya kalau kita sedang bercandaan janganlah kita lekas cepat tersinggung, kita harus mempunyai lapang dada. Jangan hanya karena hal-hal sepele kita lantas cepat ‘naik darah’ (Baca: Pengkhotbah 7:9). Kalau kita lekas cepat marah bukannya orang lain yang rugi, kita sendirilah yang akan menerima kerugian, ujung-ujungnya sakit hati, timbul berbagai macam penyakit, stres, dendam tindak lanjut kriminal yang akut. Yang untung itu adalah iblis (Baca: Amsal 20:3, Amsal 29:11, Efesus 4:26-27, Yakobus 1:20).

5.  JANGAN EGOIS/MAU MENANG SENDIRI

Nah, di sini orang-orang banyak yang tidak sadar. Dalam bercandaan itu jangan mau menang sendiri, kalau kita bisa mencandai teman kita, kita juga bisa juga dicandai. Jangan hanya orang lain yang harus menghargai kita tapi kita juga harus menghargai mereka. Kalau kita suka menganggap remeh kemampuan orang lain berarti kita sudah merasa iri hati kepadanya dikarenakan kita merasa dia lebih bisa mendapatkan yang lebih baik dari kita sedangkan kita tidak dan iri hati itu adalah akar dari segala kejahatan (Baca: Yakobus 3:14 & 16, Yudas 1:12).

Nah, sebaiknya dalam pergaulan juga kita harus memegang etika-etika dalam bercanda & batasan-batasannya. Memang dalam bergaul kalau tidak ada candaan itu seperti orang yang kaku bahkan Tuhan sendiri menginginkan kita memperhatikan satu sama lain dan bersenang bersama dalam hal yang positif. Jadi sekarang kita sudah tahu hal yang baik yang harus kita lakukan. Kalau kita sudah tahu yang baik kenapa kita tidak melakukannya bukan? Tuhan Yesus Memberkati, by #JeFe3010..

“Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.”
(Yakobus 4:17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar